Selasa, 05 Juli 2011

Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari)

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Ditjen Mandikdasmen sejak 1996 silam meluncurkan program untuk siswa SMP Terbuka, berlabel Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari). Lomojari pertama ini hingga tahun 2002, memperlombakan bidang akademis saja. Mulai tahun 2003, Lomojari diperluas dengan diselenggarakannya Lomojari Bidang Keterampilan.

Jenis keterampilan yang dilombakan adalah tata busana, kriya, tekstil, tata boga, pastiseri, tata kecantikan, kriya kayu, kriya logam, dan aneka kerajinan

Materi Lomojari Akademik mencakup 11 mata pelajaran, yaitu PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA Fisika, IPA Biologi, IPS Ekonomi, IPS Sejarah, IPS Geografi, Kerajinan Tangan dan Kesenian (Kertangkes), serta Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes).

Ajang kreativitas siswa-siswi SMP Terbuka seluruh Indonesia ini, dari tahun ke tahun mengalami perkembangan sangat membanggakan. Hasil karya siswa-siswi SMP Terbuka tidak kalah menarik apabila dibandingkan dengan siswa-siswi di bangku sekolah regular. Keterbatasan bukan merupakan penghalang bagi siswa-siswi SMP Terbuka untuk tetap berkarya menghasilkan sesuatu yang terbaik.

Lomojari sendiri memang ditujukan untuk mensosialisasikan SMP Terbuka pada masyarakat luas, mendorong siswa untuk lebih bersemangat dalam belajar, dan atau meningkatkan apresiasi dan kompetensi siswa dalam menguasai salah satu jenis keterampilan pra-vokasional yang sesuai dengan kondisi sosial ekonomi budaya setempat.

Sesuai dengan namanya, Lomojari Bidang Akademik lebih mengedepankan aspek akademis siswa. Bentuk kegiatannya berupa lomba cepat-tepat antarsiswa SMP Terbuka. Sedangkan pada Lomojari Bidang Keterampilan lebih menonjolkan aspek keterampilan siswa dalam membuat berbagai produk keterampilan.

Sumber : mandikdasmen

0 komentar:

Posting Komentar